PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BIDANG OLAHRAGA
UNTUK MEMENUHI TUGAS TEKNOLOGI
INFORMASI
Disusun oleh :
2124120004 Ade Gunawan
FAKULTAS PJKR
UNIVERSITAS GALUH
CIAMIS
TAHUN 2012 – 2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT
atas rahmat dan karunia-Nya saya dapatmenyelesaikan makalah ini dengan baik.
Makalah yang berjudul Pemanfaatan
Komputer Dalam Bidang Olahraga ini
membahas mengenai peran teknologi pada bidang olahraga. Dalam penulisan makalah
ini saya banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, saya
ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan
makalah ini.
Saya sadar
bahwa dalam makalah ini masih jauh dari
kesempurnaan, Hal itu di karenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan saya. Oleh karena itu, saya sangat
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca. Semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi kita.
Akhir kata, saya memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat banyak kesalahan.
Akhir kata, saya memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat banyak kesalahan.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Tanpa kita
sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Komputer
sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api,
pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Hal yang membedakan
komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna
melaksanakan berbagai macam tugas dengan
kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Olahraga adalah bidang yang tidak
luput dari pemanfaatan ilmu komputer. Peralatan olahraga, pengobatan,
biomechanic, dan simulasi olahraga adalah salah satu contoh diantaranya. Bahkan
perlu diketahui bahwa hubungan antara ilmu komputer dan olahraga ini sudah ada
sejak tahun 1960.
Perkembangan media internet saat ini juga telah
menjadi bagian dari pemanfaatan komputer di bidang olahraga terutama dalam hal
penyebaran informasi. Derasnya informasi yang dapat diperoleh dengan mudah dari
media internet, membuat teknologi informasi yang satu ini sangat digemari oleh
lapisan masyarakat, baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, maupun praktisi.
Semua informasi dunia luar maupun dalam negeri khususnya informasi olahraga
dapat kita saksikan melalui layar monitor hanya pada tempat dimana kita
tinggal.
1.2 Batasan
Masalah
Artilel ini lebih fokus pada Penyebaran
Informasi atau berita mengenai Olahrag melalui media Internet dan media cetak
(Koran maupun Majalah)
1.3 Tujuan
Penulisan
artikel ini bertujuan untuk membandingkan penyebaran informasi mengenai
olahraga antara media internet dan media cetak.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Latar Belakang Sejarah
Komputer dalam olahraga digunakan
untuk pertama kalinya pada tahun 1960, dimana ketika itu hanya bertujuan untuk
mengumpulkan informasi tentang olahraga. Database kemudian diciptakan dan
diperluas dalam rangka untuk memulai penyebaran dokumentasi dan publikasi
seperti artikel atau buku yang berisi mengenai ilmu pengetahuan yang
berhubungan dengan olahraga. Lalu hingga pertengahan 1970-an organisasi pertama
di bidang ini disebut IASI (Asosiasi Internasional untuk Informasi Olahraga)
resmi didirikan. Kemudian pada tahun 1997 pertemuan internasional pertama antara ilmu komputer dalam
olahraga diadakan di Cologne. Tujuan utama adalah untuk menyebarkan aplikasi,
ide, dan konsep penggunaan komputer dalam olahraga.
2.2.Pemanfaatan
Komputer di Bidang Olahraga
Komputer sampai saat ini telah
berperan besar dalam perkembangan di bidang olahraga diantaranya adalah :
Ø
Pelatihan dan pembinaan
Ø
Biomekanik
Ø
Peralatan olahraga dan teknologi
Ø
Multimedia dan Internet
Ø
Dokumentasi
Ø
Pendidikan
2.3.
Pemanfaatan internet dalam bidang olahraga
Pada zaman dimana informasi sudah menjadi unsur
dominan dalam kehidupan saat ini, media massa memegang peranan penting dalam
menyebarkan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, informasi yang
disampaikan kepada masyarakat dikemas melalui berita. Setiap hari masyarakat
disuguhkan dengan berbagai macam berita olahraga, baik dari luar negri maupun
dari dalam negri.
Media internet merupakan media audio visual, artinya
media menampilkan gambar hidup dan mempunyai suara sehingga menarik minat
masyarakat. Tetapi berbagi media internet lebih ke media visualnya saja.
Berbeda dengan media elektronik, media cetak hanya berupa tulisan dan gambar
yang dicetak pada kertas tertentu.
Kabar didunia olahraga sangatlah beragam, khususnya
pada bidang sepak bola saat ini sedang mendunia kabar tersebut sangatlah
dibutuhkan oleh para pecinta bola, siapapun pecinta bola pasti ingin
mendapatkan kabar informasi tentang tim atau atau kabar lainnya yang disukai. Tentunya
media internet ini menjadi jembatan dimana pecinta bola ingin mendapatkan
informasi sepakbola, kali ini didalam artikel akan dijelaskan dimana
pemanfaatan komputer dibidang olahrga yang dibantu oleh media internet sebagai
penerimaan informasi olahraga.
Goal.com adalah salah satu media informasi olahraga yang saat ini digunakan para
usia dini sampai usia tua untuk mendapatkan kabar terbaru dari bidang olahraga
khususnya sepakbola luar negri maupun dalam negri. Dalam pemanfaatan komputersisasi
ini para pecinta sepakbola di manjakan oleh kabar kabar terbaru, dimulai dari
jadwal pertandingan, hasil pertandingan bahkan
berita mengenai bursa transfer pemain sepak bola.
Dari
tampilan GUI
goal.com diatas dapat dilihat bahwa fitur – fitur yang didalamnya sangat
membantu para pecinta sepakbola untuk mendapatkan Informasi yang lebih jelas. Dengan demikian pemanfaatan
komputer dibidang olahraga menjadi
popular pada saat ini, dikarenakan
banyak sekali kelebihan untuk mengakses informasi olahraga. Berikut
perbandingan antara penerimaan informasi dengan pemanfaatan komputer dan media
cetak :
Pembanding
|
Media Internet
|
Media cetak
|
Akses
|
Mudah
|
Lebih mudah
|
Referensi
|
Banyak
|
Terbatas
|
Efesien
|
Efesien
|
Kurang efesien
|
Efektif
|
Efektif
|
Kurang efektif
|
Fleksibel
|
Sangat fleksibel
|
Terbatas
|
Diasumsikan bahwa populasi presentase pengguna
internet di Indonesia adalah sebagaian besar memanfaatkan komputer dibidang
olahraga dengan cara mencari informasi di media internet. Sebagaimana dilansir oleh ANTARA News, bahwa Internet
menjadi platform berita paling populer ketiga di Amerika Serikat, di bawah
siaran televisi daerah dan nasional di negara itu, demikian survei Internet
& American Life Project dan Project for Excellence in Journalism, Pew
Research Center, Senin.enurut survei itu, 78 persen dari 2.259 orang dewasa AS
yang dijaring oleh jajak pendapat itu, mengatakan bahwa pada hari biasa mereka
mendapatkan berita dari stasiun TV daerah.Lalu, 73 persen mengaku mendapatkan
berita dari jaringan televisi nasional seperti CBS atau stasiun tv kabel
semisal CNN atau Fox. 61 persen mengaku, di hari biasa, mereka mendapatkan
berita dari laman berita Internet.
BAB III
PENUTUP
1.1. Kesimpulan
Hubungan antara komputer dan olahraga telah ada sejak tahun 1960 dan
berlanjut hingga sekarang. Telah banyak ilmu – ilmu komputer yang diterapkan
dalam bidang olahraga dan organisasi – organisasi nasional yang berkaitan
dengan kedua bidang ini pun telah dibentuk. Peralatan olahraga simulasi dan
biomechanic menjadi bantuan untuk para atlet maupun pelatih dalam meningkatkan prestasinya dibidang olahraga.
1.2. Saran
Selain itu bagi penikmat olahraga perkembangan media internet
juga telah menjadi keuntungan dalam mendapatkan informasi dan berita – berita
mengenai olahraga. Efektif, mudah diakses, audio-visual, cepat dan terperinci
menjadi faktor utama keuntungan penyebaran informasi melalui internet. Dengan
tidak mengesampingkan media cetak, penyebaran informasi olahraga melalui media
internet telah menjadi alternatif baru
bagi penikmat olahraga maupun atlet dalam hal mendapatkan informasi mengenai
olahraga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar