Senin, 10 Juni 2013

Makalah Teknologi Informasi


PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BIDANG OLAHRAGA
UNTUK MEMENUHI TUGAS TEKNOLOGI INFORMASI



Disusun oleh :
                                          2124120004     Ade Gunawan



FAKULTAS PJKR
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
TAHUN 2012 – 2013


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya saya dapatmenyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah yang berjudul Pemanfaatan Komputer Dalam Bidang Olahraga ini membahas mengenai peran teknologi pada bidang olahraga. Dalam penulisan makalah ini saya banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan makalah ini.
Saya sadar bahwa dalam  makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, Hal itu di karenakan keterbatasan  kemampuan dan pengetahuan  saya. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita.
Akhir  kata, saya  memohon  maaf  apabila dalam  penulisan  makalah ini terdapat banyak kesalahan.












BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
                Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju  maupun di negara yang sedang berkembang. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Hal yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam  tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Olahraga adalah bidang yang tidak luput dari pemanfaatan ilmu komputer. Peralatan olahraga, pengobatan, biomechanic, dan simulasi olahraga adalah salah satu contoh diantaranya. Bahkan perlu diketahui bahwa hubungan antara ilmu komputer dan olahraga ini sudah ada sejak tahun 1960.
Perkembangan media internet saat ini juga telah menjadi bagian dari pemanfaatan komputer di bidang olahraga terutama dalam hal penyebaran informasi. Derasnya informasi yang dapat diperoleh dengan mudah dari media internet, membuat teknologi informasi yang satu ini sangat digemari oleh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, maupun praktisi. Semua informasi dunia luar maupun dalam negeri khususnya informasi olahraga dapat kita saksikan melalui layar monitor hanya pada tempat dimana kita tinggal.
1.2  Batasan Masalah
             Artilel ini lebih fokus pada Penyebaran Informasi atau berita mengenai Olahrag melalui media Internet dan media cetak (Koran maupun Majalah)
1.3   Tujuan
            Penulisan artikel ini bertujuan untuk membandingkan penyebaran informasi mengenai olahraga antara media internet dan media cetak.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Latar Belakang Sejarah 
Komputer dalam olahraga digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1960, dimana  ketika itu hanya bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang olahraga. Database kemudian diciptakan dan diperluas dalam rangka untuk memulai penyebaran dokumentasi dan publikasi seperti artikel atau buku yang berisi mengenai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan olahraga. Lalu hingga pertengahan 1970-an organisasi pertama di bidang ini disebut IASI (Asosiasi Internasional untuk Informasi Olahraga) resmi didirikan. Kemudian  pada tahun 1997 pertemuan internasional pertama antara ilmu komputer dalam olahraga diadakan di Cologne. Tujuan utama adalah untuk menyebarkan aplikasi, ide, dan konsep penggunaan komputer dalam olahraga. 

2.2.Pemanfaatan Komputer di Bidang Olahraga 
Komputer sampai saat ini telah berperan besar dalam perkembangan di bidang olahraga diantaranya adalah :
Ø  Pelatihan dan pembinaan
Ø  Biomekanik
Ø  Peralatan olahraga dan teknologi
Ø  Multimedia dan Internet
Ø  Dokumentasi
Ø   Pendidikan



2.3. Pemanfaatan internet dalam bidang olahraga 
Pada zaman dimana informasi sudah menjadi unsur dominan dalam kehidupan saat ini, media massa memegang peranan penting dalam menyebarkan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, informasi yang disampaikan kepada masyarakat dikemas melalui berita. Setiap hari masyarakat disuguhkan dengan berbagai macam berita olahraga, baik dari luar negri maupun dari dalam negri.
Media internet merupakan media audio visual, artinya media menampilkan gambar hidup dan mempunyai suara sehingga menarik minat masyarakat. Tetapi berbagi media internet lebih ke media visualnya saja. Berbeda dengan media elektronik, media cetak hanya berupa tulisan dan gambar yang dicetak pada kertas tertentu.
Kabar didunia olahraga sangatlah beragam, khususnya pada bidang sepak bola saat ini sedang mendunia kabar tersebut sangatlah dibutuhkan oleh para pecinta bola, siapapun pecinta bola pasti ingin mendapatkan kabar informasi tentang tim atau atau kabar lainnya yang disukai. Tentunya media internet ini menjadi jembatan dimana pecinta bola ingin mendapatkan informasi sepakbola, kali ini didalam artikel akan dijelaskan dimana pemanfaatan komputer dibidang olahrga yang dibantu oleh media internet sebagai penerimaan informasi olahraga.
            Goal.com adalah salah satu media informasi olahraga yang saat ini digunakan para usia dini sampai usia tua untuk mendapatkan kabar terbaru dari bidang olahraga khususnya sepakbola luar negri maupun dalam negri. Dalam pemanfaatan komputersisasi ini para pecinta sepakbola di manjakan oleh kabar kabar terbaru, dimulai dari jadwal pertandingan, hasil pertandingan bahkan berita mengenai bursa transfer pemain sepak bola.
           Dari tampilan GUI goal.com diatas dapat dilihat bahwa fitur – fitur yang didalamnya sangat membantu para pecinta sepakbola untuk mendapatkan Informasi yang  lebih jelas. Dengan demikian pemanfaatan komputer dibidang olahraga  menjadi popular pada saat ini, dikarenakan  banyak sekali kelebihan untuk mengakses informasi olahraga. Berikut perbandingan antara penerimaan informasi dengan pemanfaatan komputer dan media cetak :

Pembanding
Media Internet
Media cetak
Akses
Mudah
Lebih mudah
Referensi
Banyak
Terbatas
Efesien
Efesien
Kurang efesien
Efektif
Efektif
Kurang efektif
Fleksibel
Sangat fleksibel
Terbatas

Diasumsikan bahwa populasi presentase pengguna internet di Indonesia adalah sebagaian besar memanfaatkan komputer dibidang olahraga dengan cara mencari informasi di media internet. Sebagaimana dilansir oleh ANTARA News, bahwa Internet menjadi platform berita paling populer ketiga di Amerika Serikat, di bawah siaran televisi daerah dan nasional di negara itu, demikian survei Internet & American Life Project dan Project for Excellence in Journalism, Pew Research Center, Senin.enurut survei itu, 78 persen dari 2.259 orang dewasa AS yang dijaring oleh jajak pendapat itu, mengatakan bahwa pada hari biasa mereka mendapatkan berita dari stasiun TV daerah.Lalu, 73 persen mengaku mendapatkan berita dari jaringan televisi nasional seperti CBS atau stasiun tv kabel semisal CNN atau Fox. 61 persen mengaku, di hari biasa, mereka mendapatkan berita dari laman berita Internet.





BAB III
PENUTUP
1.1. Kesimpulan
Hubungan antara komputer dan  olahraga telah ada sejak tahun 1960 dan berlanjut hingga sekarang. Telah banyak ilmu – ilmu komputer yang diterapkan dalam bidang olahraga dan organisasi – organisasi nasional yang berkaitan dengan kedua bidang ini pun telah dibentuk. Peralatan olahraga simulasi dan biomechanic menjadi bantuan untuk para atlet maupun pelatih dalam  meningkatkan  prestasinya dibidang olahraga.
1.2. Saran
Selain itu bagi penikmat olahraga perkembangan media internet juga telah menjadi keuntungan dalam mendapatkan informasi dan berita – berita mengenai olahraga. Efektif, mudah diakses, audio-visual, cepat dan terperinci menjadi faktor utama keuntungan penyebaran informasi melalui internet. Dengan tidak mengesampingkan media cetak, penyebaran informasi olahraga melalui media internet telah menjadi alternatif  baru bagi penikmat olahraga maupun atlet dalam hal mendapatkan informasi mengenai olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar